IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAJEMEN (TQM)
DALAM
LEMBAGA PENDIDIKAN
Total Quality Manajemen merupakan
sebuah konsep yang pada awalnya berasal dari dunia bisnis diterapkan dalam
dunia perusahaan, tetapi seiring berjalannya waktu TQM juga diterapkan dalam
dunia pendidikan. Penerapan TQM dalam pendidikan merupakan sebuah upaya untuk
meningkatkan mutu pendidikan.
Total
quality management
(TQM) merupakan suatu sistem manajemen yang menyangkut mutu sebagai strategi
usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh
anggota organisasi. Prinsip umum Total
Quality Manajemen meliputi beberapa hal, yaitu: mengutamakan kepuasan
pelanggan (customer focus organization),
keterlibatan seluruh anggota organisasi (people
organization), pendekatan yang menekankan pada perbaikan proses (proses approach), pendekatan system (system approach), perbaikan secara terus
menerus (continual improvement), pengambilan
keputusan berdasarkan fakta (faktual
approach to decision making), dan hubungan dengan supplier yang saling
menguntungkan (mutually beneficial relationship).
Prosedur
dalam mengimplementasikan TQM padadasarnya menenempuh tiga
tahapan sebagai berikut:
1) Tahap
persiapan, yaitu membentuk tim dan melaksanakan pelatihan bagi tim,
2) Pengembangan
sistem, yaitu melakukan pelatihan dan sosialisasi kepada tim yang telah
ditentukan,
3) Implementasi
sistem, yaitu melaksanakan berdasarkan siklus PDCA (plan, do, check, act).
Jika
penerapan prinsip-prinsip Total quality manajemen dilaksanakan dengan baik dan
serius oleh lembaga pendidikan, diyakini peningkatan kualitas output yang
diharapkan dapat dicapai dan dapat bersaing dengan lembaga pendidikan lain baik
di tingkat Nasional maupun Internasional.
RENCANA JADWAL PENELITIAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu Penelitian (Tahun 2017)
|
|||||||||||||||||||
Feb
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Pembuatan proposal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Seminar proposal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pengumpulan data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Melakukan analisis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Seminar hasil penelitian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Perbaikan hasil penelitian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Ujian tertutup
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Jadwal sewaktu-waktu dapat berubah
sesuai petunjuk pembimbing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar